Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution SH MH ikuti Peringatan Hari Jadi Kabupaten Samosir ke -20 dimeriahkan dengan Pagelaran Seni Budaya tari-tarian khas Batak berlangsung, Selasa (27/2) di Waterfront City Pangururan Samosir.
Ribuan masyarakat hadir di perayaan Hari Jadi tersebut, tidak hanya itu, berbagai stand Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga tampak untuk memeriahkan acara.
Hari Jadi ke-20 Kabupaten Samosir kali ini mengangkat tema “Lanjutkan Sinergitas untuk Mewujudkan Samosir Sejahtera dan Bermartabat.”
Perayaannya dirangkai dengan launching Calender of Events 2024 bertema Horas Samosir Fiesta. Ketua Umum Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI), Dr Effendi Muara Sakti Simbolon mengatakan, Samosir saat ini menjadi salah satu Kabupaten di Indonesia yang sudah maju, menilai Waterfront City Pangururan merupakan salah satu bentuk kemajuan Samosir.
Pembangunan nya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) karena Danau Toba merupakan 1 dari 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang ditetapkan Pemerintah Republik Indonesia.
“Ini akan jadi daerah Destinasi Premium. Ini saya kira PR (Pekerjaan Rumah) yang harus kita emban bersama, khususnya Forkopimda dan DPRD bisa bersinergi bisa mendapat anggaran lebih besar,” ujarnya.
Effendi berharap SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) dan pengelolaan air bersih harus sudah ada di Samosir. Dengan adanya SPAM, tidak ada lagi yang tidak bisa mandi di Samosir.
“Tapi ironis, sebagian besar warga kita terhambat mandi karena tidak ada air bersih, bahkan air minum juga,” tuturnya. Meski demikian, Effendi mengajak masyarakat Samosir untuk bersyukur.
Dia juga berpesan kepada Bupati Samosir, Vandiko T Gultom, dan Wakil Bupati Samosir, Martua Sitanggang, masih banyak yang harus diperhatikan, terutama kesejahteraan warga dan taraf kemiskinan.
Bupati Samosir, Vandiko, mengatakan, event pertama dari Calender of Events 2024 Samosir adalah Opera Batak, Pagelaran Seni Budaya, Solu Bolon, dan Samosir Music International sebutnya.
Sementara itu, Anggota DPR RI, Martin Manurung, bersama Ketua DPRD Tebingtinggi Basyaruddin Nasutio SH.MH, berkaitan Hari Jadi ke-20 Samosir turut mengucapkan selamat.
Anggota DPR – RI Martin Manurung mengatakan, sebagai wakil masyarakat Daerah Pemilihan (Dapil) Sumut 2, siap bekerja sama Pemkab Samosir, dan memberikan yang terbaik untuk pembangunan Samosir.
“Saya merasakan antusiasme dan dukungan masyarakat kepada saya, dan saya ucapkan terima kasih. Jangan segan-segan, kalau ke Jakarta, singgah, kita 24 jam siap berbuat untuk Samosir. Horas, horas, horas, Mauliate godang,” katanya