Ketua DPRDTebingtinggi Basyaruddin Nasution SH.MH, menghadiri Apel Gelar Pasukan “Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024” dalam rangka pengamanan Pemilu 2024 yang digelar Kepolisian Resort (Polres) Kota Tebingtinggi, Selasa (17/10/2023) di lapangan Merdeka Jalan Sutomo Tebingtinggi.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung Kapolres Tebingtinggi AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP.  dan turut diikuti seluruh jajaran Forkopimda Kota Tebingtinggi dan selanjutnya dilakukan Deklarasi Pemilu damai bersama Parpol se Kota Tebingtinggi disampaikan Ketua DPD-Partai Golkar Basyaruddin Nasution, yang juga Ketua DPRD Tebingtinggi.

Kapolres Tebingtinggi saat membacakan amanat dari Kapolri Jenderal Pol. Drs.Listyo Sigit Prabowo, M.Si, mengajak seluruh komponen bangsa untuk berpartisipasi penuh guna menyukseskan Pemilu 2024.

“Terlebih lagi Pemilu 2024 memiliki kompleksitas tersendiri karena dilaksanakan secara serentak dengan rentang waktu yang berdekatan, wilayah yang luas geografis yang beragam serta melibatkan jumlah pemilih yang besar,” ujar Kapolres membacakan amanat Kapolri.

Terkait tugas pengamanan Pemilu 2024, Polri bersama dengan TNI, Kementerian, lembaga instansi terkait dan mitra Bimas lainnya, menggelar Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024 yang dilaksanakan selama 222 hari, mulai 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024 serta diikuti oleh 261.695 personil di seluruh Indonesia.

Sementara terkait tindak pidana Pemilu, dalam amanatnya Kapolri meminta agar melakukan koordinasi dan kolaborasi agar penanganan pelanggaran serta penyelesaian tindak pidana Pemilu dapat dilakukan secara profesional serta transparan sehingga mendapatkan legitimasi dari masyarakat.

Dalam hal pelaksanaan pengamanan Pemilu 2024, Kapolri berpesan agar meningkatkan sinergi dan soliditas antar seluruh personil pengamanan maupun stakeholder terkait serta melaksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis, profesional dan sesuai SOP, karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi kita,” ucap Kapolres melanjutkan amanat Kapolri.

Kapolres AKBP. Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK., M.KP. menghimbau kepada partai politik dan seluruh lapisan masyarakat, agar menyikapi tahapan dan hasil Pemilu/ Pilkada

Personil perlibatan 3/4 dari kekuatan inti, sisanya cadangan untuk pergeseran di seluruh wilayah hukum Polres Tebingtinggi. Sudah kita tetapkan dengan pemetaan rawan, kurang rawan dan sangat rawan, jelas Kapolres.

Kegiatan dirangkai dengan pembacaan dan penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai dan berfoto bersama.

Untuk diketahui, TPS di wilayah hukum Polres Tebingtinggi sebanyak 1.023 TPS dengan personil Polres Tebingtinggi yang dilibatkan  340 personil.

Turut hadir, Wakil Ketua I DPRD Tebingtinggi H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M, Danramil 13/TT Kapt. Inf. Yudi Chandra, Hakim PN Muhammad Ikhsan, S.H., Danyon B Pelopor Sat Brimob Polda Sumut Kompol. Heriyono, Kepala BNNK AKBP. Alexander Samuel Soeki, S.Sos., M.H., Kalapas Kelas II B Tebingtinggi Anton Setiawan, Amd.IP. S.H, M.Hum, Kepala OPD atau mewakili, Ketua KPU Kota Tebingtinggi, Rudi Herwin, Ketua Bawaslu  Amsal Franky H. Tambun.

Selain itu, perwakilan unsur Kodim 0204/DS dan Koramil 13/ TT, Polres, Sub Denpom, Brimob Poldasu, Dishub, Satpol PP,  Ketua MUI Kota Tebingtinggi Drs. Akhyar Nasution, Ketua DPD Partai Golkar Drs. Basyaruddin Nasution, S.H., M.H. yang juga sebagai Ketua DPRD, Ketua DPD PDI Perjuangan Iman Irdian Saragi, S.E.  juga sebagai Wakil Ketua II DPRD, Ketua DPD Partai Nasdem Ir. H. Oki Doni Siregar,dan 14 pimpinan parpol lainnya atau mewakili, perwakilan tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan undangan lain nya.