Ketua DPRD Tebingtinggi Basyaruddin Nasution SH.MH mengapresiasi Pemko Tebingtinggi atas diselenggarakan nya kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-53 serta Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-17 Tingkat Kota Tebingtinggi Tahun 2024 yang cukup mendapat antusias pengunjung, Sabtu (2/3) di Lapangan Merdeka Jalan Sutomo Tebingtinggi.

Dalam sambutan nya Ketua DPRD Mengatakan harapan kita bersama mudah-mudahan kita dapat menerapkan nilai-nilai nya dan membangkitkan semangat dan dapat memahami isi kandungan Al-Qur’an serta menerapkan nya ditengah kehidupan bermasyarakat.

Dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan kita dapat mencari bibit-bibit baru dan generasi baru penghafal Al-Qur’an,” ujarnya.
Kegiatan yang dibuka Asisten I Pemerintah Kota Tebingtinggi M. Syah Irwan, SKM, M.Kes mewakili Pj Wali Kota Tebingtinggi ini mengusung tema ” Meneguhkan Nilai-Nilai Al-Qur’an Menuju Kota Tebingtinggi Yang Modern dan Religius.
Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Tebingtinggi diwakili Kabag Ops Polres Tebingtinggi AKBP Yengki Deswandi, S.H, Ketua DPRD Kota Tebingtinggi Basyaruddin Nasution, S.H, M.H, Ketua MUI Kota Tebingtinggi Drs. H. Achyar Nasution.
Selain itu Danramil 13 Tebingtinggi Kapten Inf. Yudi Chandra, Kakan Kemenag Kota Tebing Tinggi Dr. H. M. David Saragih, S.Ag, M.M, Pimpinan Ormas Islam se Kota Tebingtinggi, OPD serta Camat dan Lurah se Kota Tebingtinggi, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Ustadz dan Ulama se Kota Tebingtinggi.


Ketua  Panitia, H. Aidil, S.E, M.Si selaku Kabag Kesra Pemko Tebingtinggi dalam laporan nya mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari, terhitung mulai hari Sabtu 02 Maret s/d Jum’at 08 Maret 2024. Sementara lokasi yang dijadikan sebagai tempat kegiatan MTQ serta Festival Seni Nasyid dan Qasidah sebanyak 3 lokasi, yakni, Lapangan Merdeka, Gedung Hj Sawiyah dan Gedung Perpustakaan Pemko Tebingtinggi.
“Peserta diikuti oleh utusan Kecamatan se-Kota Tebingtinggi yang mengikuti beberapa Cabang dan golongan perlombaan sebanyak 803 orang,” terangnya.
Perlombaan MTQ terdiri dari, Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qiro’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Fahmil Qur’an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an dan Cabang Karya Tulis Al-Qur’an (KTIQ). Untuk Festival Seni Qasidah terdiri dari Cabang Bintang Vokalis, Cabang Qasidah Rebana Klasik dan Cabang Pop Religi.
“Jumlah Dewan Hakim Penilai sebanyak 60 orang dari Tebingtinggi dan Medan, lalu untuk jumlah Stand UMKM yang di sediakan oleh Pemko sebanyak 10 Stand diisi dari berbagai makanan, minuman serta aksesoris dan pakaian khas Kota Tebingtinggi,” sambungnya.
Sementara Pj Walikota Tebingtinggi diwakili oleh Assisten 1 Pemerintah Kota Tebingtinggi M. Syah Irwan, SKM, M.Kes menyampaikan kiranya untuk memandang MTQ bukan hanya acara rutin saja, akan tetapi menjadikan MTQ sebagai suntikan energi umat Islam untuk membumikan Al-Quran maka kita akan mendapatkan berkah dunia dan akhirat dari Allah SWT.
“Saya berharap agar MTQ ini menjadikan sumber kehidupan bagi kita supaya menjadi tentram karena setiap harinya kita mendengar bacaan Alquran. Sebagai umat muslim harus menjaga persatuan, kesatuan dan kerukunan untuk mewujudkan Kota Tebing Tinggi yang memberikan kebaikan,” ucap nya.
Sebagai Informasi, MTQ ke-53 dan FSQ ke-17 Tingkat Kota Tebingtinggi digelar usai dilaksanakan MTQ Tingkat Kecamatan Tahun 2023, kegiatan ini adalah untuk mencari peserta yang nantinya akan diperlombakan di Tingkat Provinsi hingga ke Tingkat Nasional dan mewakili Kota Tebingtinggi dalam kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an.