Pengurus Daerah Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (PD MABMI) Kota Tebingtinggi menggelar Seminar Bangkitnya Peradaban Islam Melayu bersama Ekonomi Syariah di Aula Gedung Hj. Sawiyah Jalan Sutomo Kota Tebing Tinggi, Selasa (28/11).
Gelar Seminar Bangkitnya Peradaban Islam Melayu Bersama Ekonomi Syariah menampilkan Narasumber Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sumatera Utara (Sumut) , Prof. Dr. Mustapa Kamal Rokan, dengan mengusung tema “Ekonomi Bangkit Tanpa Riba”, dihadiri Pj. Walikota yang diwakili Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan, Ir.Nasrullah, Kapolres Tebingtinggi diwakili AKP Baringin Jaya, S.H., M.H, pengurus BKM, pelaku UMKM, tokoh Agama dan tokoh masyarakat serta undangan lainnya meliputi sebanyak 100 orang.
Ketua PD MABMI Kota Tebing Tinggi H. Muhammad Azwar, S.Si., M.M, mengatakan bahwa seminar ini mengundang para pengurus BKM, pelaku UMKM dan Koperasi se – Kota Tebing Tinggi dengan tujuan agar dapat memahami arahan dari narasumber untuk membangkitkan ekonomi di Kota Tebing Tinggi ini bersama Ekonomi Syariah.
“Saya ingin ummat Islam di Kota Tebingtinggi ini bisa bangkit ekonominya menggunakan Ekonomi Syariah dan Koperasi Syariah, kebetulan di MABMI Kota Tebing Tinggi kita memiliki Koperasi Syariah yang siap untuk memfasilitasi masyarakat, khususnya masyarakat Melayu di Kota Tebingtinggi ini,” jelasnya.
Selanjutnya H. Muhammad Azwar S.Si., M.M. mengajak semua pelaku usaha untuk memperbaiki mental Entrepreneur, seandainya dana dikucurkan oleh Koperasi maupun Bank Syariah haruslah kita pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk membangun ekonomi itu, karena saat ini banyak kita lihat dana yang digulirkan Bank atau Koperasi tidak digunakan semestinya.
“Harapan saya dengan adanya seminar ini akan membangkitkan semangat para pelaku usaha UMKM untuk terus membangun perekonomian di Kota Tebing Tinggi tercinta ini tentunya dengan ekonomi tanpa riba,” tegas H. Muhammad Azwar.
Pj. Walikota Tebing Tinggi yang diwakili Asisten Administrasi dan Pembangunan Ir. Nasrullah dalam sambutan nya menyambut positip dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan MABMI Kota Tebingtinggi yang dipimpin H. Muhammad Azwar, apalagi acara ini merupakan seminar terkait tentang ekonomi syariah, mengingat hal ini masih banyak masyarakat Kota Tebing Tinggi belum faham benar, ucap nya.
“Tidak hanya itu di Kota Tebing Tinggi ini banyak sekali jenis koperasi yang terus berkembang biak, seperti Koperasi Mandiri, Koperasi CU, Koperasi Serba Usaha dan lainnya,” ujarnya.
Selanjutnya Ir. Nasrullah berharap kepada narasumber agar dapat menjelaskan tentang Ekonomi Syariah dan para peserta dapat pencerahan melalui seminar ini, semoga MABMI Kota Tebing Tinggi tetap eksis dan tetap dicintai masyarakat Kota Tebing Tinggi,” harap nya.
Prof. Dr. Mustafa Kamal Rokan sebagai narasumber pada Seminar Ekonomi Syariah yang digelar MABMI kota Tebingtinggi, banyak mendapat kritikan dan pertanyaan dari para peserta, terutama peserta dari kalangan usaha UMKM.
Ternyata apa yang mereka lakukan selama ini bertentangan dengan yang disampaikan narasumber, namun setelah mendapat penjelasan secara rinci akhirnya para peserta terutama dari pelaku UMKM dapat menerima penjelasan tentang Ekonomi Syariah dan Koperasi Syariah